Bagaimana posisi menyusui yang baik dan nyaman bagi bayi Anda?

f:id:freukson:20180406155725j:plain

Pada awalnya, mungkin diperlukan beberapa upaya untuk mendapatkan bayi Anda pada posisi yang tepat - tetapi tetaplah berusaha.

Pertama, penting untuk mengetahui kaitan yang baik, karena penguncian yang tidak benar adalah penyebab paling umum ketidaknyamanan payudara. Mulut bayi harus menutupi kedua puting Anda dan areola, sehingga mulut bayi, lidah dan bibir memijat susu dari kelenjar susu Anda. (Menyedot puting susu saja tidak hanya akan membuat bayi Anda lapar karena kelenjar yang mengeluarkan susu tidak akan dikompresi, kelenjar juga akan membuat puting Anda sakit dan pecah-pecah.) Berikut cara mendapatkan gerendel itu:

  • Pegang bayi Anda menghadap payudara Anda, dengan bagian depan tubuhnya menghadap Anda, perut ke perut. Kepalanya harus sejajar dengan sisa tubuhnya, tidak berbalik, untuk membuatnya lebih mudah menelan.
  • Gelitik bibir bayi dengan puting Anda untuk mendorong bayi membuka sangat lebar, seperti menguap. Jika bayi Anda tidak terbuka, cobalah memeras kolostrum (dan, kemudian, susu) ke bibirnya.
  • Jika bayi Anda berpaling, usap lembut pipi di sisi terdekat Anda; refleks rooting akan membuat bayi menoleh ke arah payudara Anda.

Bawalah bayi maju ke arah payudara Anda begitu mulutnya terbuka lebar. Jangan membungkuk dan mendorong payudara Anda ke mulut bayi - biarkan bayi Anda mengambil inisiatif. Pegang erat payudara Anda sampai bayi memiliki cengkeraman kuat dan menyusui dengan baik.

  • Anda akan tahu bahwa Anda memiliki latch yang tepat ketika dagu bayi dan ujung hidungnya menyentuh payudara Anda. Bibir bayi akan melebar ke luar, seperti bibir ikan, daripada dimasukkan ke dalam. Periksa bahwa si kecil tidak mengisap bibir atau lidah bawahnya sendiri (bayi yang baru lahir akan menyusu apa pun) dengan menarik bibir bawahnya ke bawah saat menyusui.
  • Perhatikan menyusu (yaitu, mengeluarkan kolostrum atau ASI dari payudara Anda), bukan hanya menghisap (membius puting Anda). Jika bayi menyusu, Anda akan melihat pola nafas-menelan-napas yang kuat dan mantap. Anda juga akan melihat gerakan berirama di pipi, rahang, dan telinga bayi. Begitu ASI Anda masuk, dengarkan suara menelan atau menelan. Anda akan tahu bahwa bayi tidak dikunci dengan benar jika Anda mendengar bunyi klik.

Apakah bayi mengalami kesulitan menempel dengan benar? Pecahkan suction dengan hati-hati dengan memasukkan jari bersih ke sudut mulutnya atau dengan menekan payudara dekat mulut. Kemudian mulailah menggelitik bibir baru dan biarkan dia menempel lagi, dengan benar (dengan puting dan areola di mulut). Selain itu Anda harus mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memperlancar asi agar proses menyusui dapat optimal dan bayi Anda sehat. Demikian lah posisi serta cara menyusui yang baik dan nyaman bagi bayi.

Artikel lainnya :

Sejarah Kinetic Art

Keuntungan memiliki tempat tinggal di Jakarta